menemukan 15 pertanyaan teratas yang sering ditanyakan orang-orang kepada GOOGLE tentang Operasi Katarak dan Katarak.

  

15 pertanyaan teratas yang sering tentang Operasi Katarak dan Katarak. 

Kami mencari di Internet dan menemukan 15 pertanyaan teratas yang sering ditanyakan orang-orang kepada GOOGLE tentang Operasi Katarak dan Katarak. Terlebih lagi, kami telah menyertakan 6 daftar pertanyaan yang Anda harus tanyakan pada ophthalmologist / dokter mata Anda tentang operasi katarak untuk membantu Anda membuat keputusan.

Ini daftarnya.

  1. Apakah operasi katarak sakit?
    • Dalam kebanyakan kasus, obat penenang ringan seperti valium diberikan untuk membantu menenangkan Anda. Obat tetes mata untuk membuat mata mati rasa juga diberikan sebelum operasi untuk membuat prosedur lebih nyaman bagi Anda.
  2. Saya memiliki katarak di kedua mata. Bisakah mereka diobati pada hari yang sama?
    • Pembedahan pada setiap mata dilakukan pada hari yang terpisah, tetapi seringkali dalam jeda satu atau dua minggu. Pendekatan ini memungkinkan mata pertama pulih dan penglihatan Anda di mata itu untuk stabil sebelum operasi dilakukan pada mata lainnya.

      Risiko infeksi mata dan komplikasi serius lainnya dari operasi katarak sangat rendah. Namun, jika kedua mata menjadi terinfeksi atau mengalami komplikasi serius lainnya pada saat yang sama, hasilnya bisa secara visual menghancurkan untuk jangka waktu lama dan bahkan mungkin secara permanen.

  3. Apa yang akan terjadi jika katarak dibiarkan tanpa diobati?
    • Mengemudi dapat terpengaruh yang bisa berbahaya dan juga kualitas hidup secara keseluruhan. Banyak orang menjadi buta karena katarak yang tidak diobati , dan   katarak   bahkan bisa menyebabkan kebutaan total  jika tidak ditangani untuk waktu yang lama. Jika Anda tergoda untuk menunda operasi katarak Anda, diskusikan dengan dokter mata Anda.
  4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah operasi katarak?
    • Tenang saja selama dua atau tiga hari pertama setelah operasi katarak. Mulai gunakan tetes mata setelah melepas pelindung mata sehari setelah operasi Anda, dan terus gunakan sampai Anda disarankan untuk berhenti – biasanya akan butuh empat minggu .
  5. Seberapa cepat kemajuan katarak?

    • Laju perkembangan katarak bervariasi pada masing-masing individu . Beberapa jenis   katarak   berkembang cukup cepat dan menyebabkan pandangan berkabut dalam beberapa bulan. Untungnya, ini relatif tidak umum.

      Dalam kasus-kasus tertentu, perkembangan katarak dapat dipercepat oleh faktor-faktor berikut:

      • Faktor lingkungan, seperti paparan sinar UV dalam jangka panjang
      • Diabetes, defisiensi vitamin kronis, atau kondisi medis lainnya
      • Penggunaan obat-obatan tertentu, terutama steroid
      • Kondisi mata yang mendasari seperti glaukoma, iritis , atau trauma pada mata 
    • Kebanyakan katarak berkembang secara bertahap dan tidak memerlukan operasi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, operasi tidak diperlukan. Di masa lalu, dokter menyarankan pasien untuk menunggu sampai katarak “matang” -atau, mencapai stadium lanjut – untuk melanjutkan pengobatan. Hari ini, bagaimanapun, dianggap ideal untuk mengobati katarak sedini mungkin

  6. Berapa lama lensa katarak bertahan?
    • Implan lensa intraokuler (IOLs) terbuat dari bahan seperti akrilik atau silikon yang biokompatibel. Ini berarti mereka tidak bereaksi dengan tubuh atau menghasilkan reaksi alergi.

      Tidak seperti lensa alami, IOL tidak rusak seumur hidup seseorang dan tidak perlu diganti.

  7. Lensa IOL yang mana (lensa intraokuler) yang terbaik untuk operasi katarak?
    • Di klinik Dr. Vanessa, kamimenawarkan implan lensa paling canggih setelah pengangkatan katarak. Lensa intraocular premium ini (IOLs) memberi Anda visi terbaik. Dengan IOL premium, banyak orang tidak membutuhkan kacamata setelah operasi katarak, atau hanya memakainya sesekali .

      Keputusan ini dapat didasarkan hanya pada apakah mereka keberatan memakai kacamata setelah operasi atau ingin berfungsi tanpa perangkat optik.

      Pilihan Anda termasuk: 

      IOL Standar ( Monofocus ). Memiliki satu titik fokus dan biasanya dapat memberi Anda jarak penglihatan yang jelas. Sementara jarak penglihatan ditingkatkan, sebagian besar pasien masih perlu memakai kacamata untuk tugas-tugas tertentu, seperti membaca atau bekerja di depan komputer 

      Multifokal (Trifocal) IOLs, untuk penglihatan terbaik Anda tanpa kacamata. Ini dirancang untuk menggantikan katarak dan mengoreksi presbiopia (kesulitan membaca ) pada saat yang bersamaan. Tujuan mereka adalah memberi Anda berbagai penglihatan yang jelas, dekat hingga jauh dan di antaranya. 

       Lensa pengoreksi Astigmatisme ( lensa intraokular Toris ). Ini untuk pasien dengan astigmatisme kornea. Mirip dengan lensa monofocal , lensa ini biasanya memberikan penglihatan jarak jauh yang berkualitas bagi pasien dengan lebih sedikit ketergantungan pada kacamata. Kebanyakan pasien masih perlu memakai kacamata untuk tugas seperti membaca atau bekerja depan komputer.

      Multifokal dengan lensa koreksi astigmatisma ( Toric multifocal). Ini mengoreksi astigmatisma dan juga presbiopia (kesulitan dalam membaca) pada saat yang sama sehingga memberikan penglihatan yang baik pada semua jarak untuk pasien yang memiliki astigmatisme dan tidak ingin memakai kacamata baca 

  8. Bisakah Anda menghilangkan katarak tanpa operasi?
    • Operasi untuk mengobati katarak adalah satu-satunya cara yang terbukti dapat menghilangkan katarak; ini melibatkan pembuangan lensa yang buram dan menggantinya dengan lensa baru. Prosedur ini aman dan sangat efektif.

      Mereka meneliti tetes mata yang mungkin melarutkan   katarak   sehingga pasien tidak harus menjalani operasi tetapi FDA belum menyetujui segala bentuk perawatan tentang hal ini. 

      Produsen tetes mata mengklaim obat tetes mereka “melarutkan” katarak, tetapi katarak bukanlah zat, jadi tidak ada yang bisa larut. Pemasar tetes mata ini juga mengklaim mereka dapat mencegah perkembangan katarak, tetapi katarak adalah bagian alami dari penuaan mata, jadi itu pernyataan lain yang salah.

  9. Bisakah katarak tumbuh kembali?
    • Katarak tidak tumbuh kembali . 

      Namun tidak jarang, beberapa bulan atau tahun setelah operasi katarak Anda melihat pengaburan pandangan yang mirip dengan apa yang Anda alami saat memiliki katarak asli . Ini kemungkinan besar disebabkan oleh kekeruhan kapsul posterior , yang berada di belakang implan lensa intraokular. 

      Jika ini terjadi, pasien dapat mengembangkan gejala yang mirip dengan katarak, seperti penglihatan kabur atau berkabut, kesulitan membaca cetakan biasa, dan kepekaan terhadap cahaya terang dan silau.

      Keruhnya posterior kapsular dapat diobati dengan laser untuk membuat lubang di tengah kapsul lensa opacifier yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke mata. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit, membutuhkan kurang dari lima menit, dan biasanya dilakukan di kantor dokter.

  10. Mengapa Anda harus memakai kacamata hitam setelah operasi katarak?
    • Selama prosedur ini, lensa mata dilepas dan biasanya diganti dengan lensa intraokular (IOL). Membuat mata lebih rentan terhadap sinar UV. Pemblokiran UV dengan kacamata hitam dan topi adalah suatu keharusan untuk perlindungan tambahan setelah operasi mata apapun.
  11. Dapatkah saya menonton TV setelah operasi katarak?
    • Kami meminta Anda tidak membaca atau menonton tv sama sekali pada hari pertama mata Anda dioperasi .   Setelah  hari pertama operasi , Anda dapat menggunakan mata Anda sebanyak yang Anda inginkan. Anda dapat terlibat dalam aktivitas yang tidak berat. Lebih baik jika Anda tidak menggosok atau menyentuh mata Anda atau penutup mata yang mungkin terpasang.
  12. Dapatkah lensa implan katarak diganti?
    • Meskipun jarang diperlukan, IOL   bisa dibuang dan diganti . Meskipun kebutuhan membuang lensa sangat tidak biasa, alasan yang paling umum adalah bahwa kekuatannya salah, terlepas dari semua perhitungan awal. Alasan lain adalah jika IOL bergeser keluar dari posisi dalam mata.
  13. Apakah Anda masih perlu memakai kacamata setelah operasi katarak?
    • Operasi katarak modern sering dapat menghilangkan atau mengurangi   kebutuhan akan kacamata  dan kacamata baca. Pilihan lainnya adalah  operasi katarak monovisi dimana kekuatan tunggal   penglihatan IOL disesuaikan pada setiap mata untuk memperluas jangkauan penglihatan  yang jernih ketika kedua mata digunakan bersama.
  14. Dapatkah saya menggunakan kacamata lama saya setelah operasi katarak?
    • Penglihatan Anda biasanya akan membutuhkan beberapa hari hingga beberapa minggu untuk stabil setelah operasi katarak . Jika Anda   memakai   kacamata resep, dokter Anda mungkin akan menunggu 1 hingga 4 minggu, kadang-kadang lebih lama, untuk menulis resep baru. Sementara itu, Anda bisa menggunakan kacamata lama Anda, meskipun Anda mungkin sadar penglihatan Anda  tidak ideal.
  15. Berapa biaya lensa katarak?
    • Rata-rata, operasi katarak dasar di Malaysia akan memakan biaya sekitar RM 3, 600-RM 3,900 per mata di sebuah rumah sakit swasta. Jika Anda menginginkan lensa teknologi canggih yang mengoreksi astigmatisme atau presbiopia, siapkan untuk membayar tambahan  RM1,500 -RM3,000 per mata . 

Pertanyaan lain yang harus Anda tanyakan kepada dokter mata Anda adalah:

Consultant Opthalmologist & Oculoplastic Surgeon in Island Hospital Penang
 
  1. Apa saja jenis prosedur katarak?
    Ada dua jenis prosedur bedah yang umum digunakan saat ini.
    1. Prosedur pertama disebut ekstraksi katarak ekstrakapsular .
    2. Jenis lain dari ekstraksi katarak ekstrakapsular disebut fakoemulsifikasi (sering hanya disebut “phaco”).

      Di sini, di klinik Dr Vanessa, kami fokus pada penggunaan ekstraksi katarak Phacoemulsifikasi ( Phaco ). Manfaat penting dari pendekatan phaco mencakup pemulihan awal penglihatan, membuat pemulihan lebih cepat yang memungkinkan Anda untuk kembali ke kegiatan normal Anda lebih cepat. 

      Ekstraksi katarak Phacoemulsifikasi (seringkali hanya disebut ” phaco “). Di sinilah ahli bedah menghilangkan katarak melalui sayatan yang lebih kecil daripada yang digunakan dalam bedah konvensional. Dalam prosedur ini, ahli bedah menggunakan instrumen komputerisasi yang terdiri dari jarum seukuran ujung bolpoin, yang bergetar sekitar 40.000 kali per detik. 

      Getaran ultrasonik ini melarutkan katarak menjadi partikel halus, yang kemudian disedot melalui lubang di instrumen.

  2. Apa risiko operasi katarak? 

    Setelah operasi, Anda harus menjaga mata Anda tetap bersih. Anda harus mencuci tangan sebelum menyentuh mata Anda, dan gunakan obat yang diresepkan untuk membantu meminimalkan risiko infeksi. 

    Operasi katarak sedikit meningkatkan risiko lepasnya retina. Gangguan mata lainnya, seperti miopia tinggi (rabun jauh), dapat lebih meningkatkan risiko pelepasan retina setelah operasi katarak. 

    Salah satu tanda pelepasan retina adalah peningkatan tiba-tiba dalam kilatan atau floaters. Floaters adalah “sarang laba-laba” kecil atau bintik-bintik yang tampaknya ada dalam jangkauan penglihatan Anda. 

    Seperti halnya operasi, operasi katarak mempunyai risiko, seperti infeksi dan perdarahan.  

  3. Apa yang dapat saya harapkan dari operasi katarak saya di Island Hospital ? 

    Selama konsultasi Anda dengan Dr. Vanessa , kami akan melakukan beberapa tes untuk mengukur ukuran dan bentuk mata Anda sebelum operasi. Dengan cara ini, beliau dapat memilih lensa buatan terbaik untuk Anda. Anda juga akan diberikan formulir persetujuan untuk ditandatangani.

    Kami juga akan menyarankan Anda untuk tidak makan atau minum apa pun selama 12 jam sebelum operasi.

    Ini adalah prosedur rawat jalan sehingga Anda akan pulang dalam beberapa jam setelah operasi. Anda akan terjaga untuk prosedur ini dan Anda akan melihat beberapa lampu yang terang tetapi kami akan membius mata Anda dengan obat-obatan, sehingga Anda tidak akan merasa sakit. Obat dapat diberikan untuk membantu Anda bersantai jika diperlukan. 

    Operasi selesai dalam 15-30 menit. 

  4. Kapan waktu yang tepat untuk operasi katarak ?

    Singkat kata, jika seorang individu memiliki katarak dan penglihatan kabur yang membuat sulit untuk melakukan apa pun yang dia inginkan dan perlu dilakukan, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan operasi katarak. Jika ada katarak di kedua mata yang membutuhkan operasi, operasi biasanya dilakukan dalam beberapa minggu terpisah. 

    Tidak perlu menunggu katarak memburuk atau matang untuk menjalani operasi. 

  5. Apa saja jenis-jenis katarak yang ada ?

    Operasi katarak adalah prosedur bedah yang paling banyak dilakukan di dunia. 

    Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada berbagai jenis katarak. Dokter mata mengklasifikasikan katarak dalam beberapa cara. Metode klasifikasi yang paling dasar adalah sesuai dengan lokasi opasitas sebenarnya.

    Jenis katarak berdasarkan lokasi 

    Ada tiga area dasar di mata yang dapat membentuk opasitas : bagian tengah lensa alami, bagian luar lensa dan permukaan belakang lensa.

    1. Katarak sklerotik nuklir. Jenis katarak yang paling umum. Bagian tengah lensa alami mata – nukleus – menjadi kuning dan mengeras. ‘Sclerosis’ mengacu pada pengerasan inti lensa. Kerusakan penglihatan biasanya bertahap. 
    2. Katarak kortikal. Bentuk katarak yang kurang umum yang muncul sebagai opasitas berawan di korteks, bagian luar lensa. Katarak menyerupai jari-jari yang menunjuk ke dalam bagian tengah lensa, menyebabkan sinar cahaya mengenai retina dengan cara yang tersebar. Dengan jenis katarak ini, gejala yang paling sering adalah mengalami masalah dengan silau. 
    3. Katarak subscapular posterior . Katarak ini menyebabkan kekeruhan pada permukaan belakang lensa. Ini menyebabkan kepekaan cahaya, masalah dengan penglihatan membaca dan silau. Mereka lebih umum di antara pasien diabetes dan mereka yang telah menggunakan kortikosteroid selama jangka waktu tertentu.
  6. Apa yang akan terjadi setelah operasi katarak saya? Bagaimana mata saya dan berapa lama lagi saya bisa melanjutkan aktivitas normal? 

    Setelah beberapa jam, kebanyakan orang bisa pulang setelah operasi, tetapi Anda harus meminta seseorang untuk mengantar Anda pulang. Anda biasanya akan mendapat pelindung mata plastik di mata Anda ketika Anda pulang ke rumah. 

    Mata Anda mungkin terasa gatal, berair, dan iritasi setelah operasi. Penglihatan Anda mungkin juga sedikit kabur. Gejala-gejala ini akan meningkat secara bertahap selama 24 – 48 jam berikutnya. Mungkin diperlukan beberapa minggu agar penglihatan Anda stabil karena mata Anda terus membaik. 

    Setelah operasi katarak, pasien diminta untuk beristirahat di sisa harinya. Banyak pasien dapat kembali bekerja dan beraktivitas selama beberapa hari.   


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang operasi katarak: Baca artikel terperinci kami di sini.

Newsletter Sign Up