Cataract Surgery Story
  

Kisah pribadi pasien:

Hidup itu ironis.

Pada usia 11 tahun, saya mendapatkan kacamata pertama saya dan dunia saya begitu terang, saya sangat senang bisa melihat dengan jelas.

Pada usia 71 tahun, saya juga melihat dunia baru yang cerah, tetapi kali ini tanpa kacamata saya setelah operasi katarak.

Saya telah memakai semua jenis kacamata, dari yang berat, tebal, besar yang dirancang pada tahun 50-an hingga kacamata serat karbon ringan yang entah bagaimana membuat saya selalu merasa seperti tidak memakainya dan membuat saya bertanya-tanya di mana saya meletakkan kacamata saya.

Terlepas dari berat dan desain, kacamata telah menjadi penyelamat hidup saya bagi dunia. Tanpa mereka, hidup saya akan menjadi kacau.

Bagaimana Saya Akhirnya Mempertimbangkan Operasi Katarak

Sebelum saya duduk bersama Dr. Vanessa, bahkan dengan kacamata, kedua mata saya sedikit kabur dan di malam hari, saya akan melihat halo dan kilauan cahaya di mata saya ketika mengemudi. Kadang-kadang saya harus menyipitkan mata atau berpaling selama beberapa detik agar mata saya menyesuaikan kembali. Keluarga saya khawatir tentang saya dan terus-menerus menyuruh saya untuk tidak mengemudi di malam hari.

Ini sulit; Saya sangat mandiri dan tidak pernah suka diberi tahu apa yang harus dilakukan. Saya senang bisa menyetir di malam hari untuk pergi ke restoran mamak favorit saya atau pusat jajanan untuk menikmati makan malam, saya tidak akan berhenti mengemudi hanya karena saya tidak dapat melihat dengan baik di malam hari.

Namun, suatu hari saya hampir mengalami kecelakaan. Mobil yang melaju dengan lampu depan yang terang, membutakan saya selama beberapa detik, dan pada saat itu, seorang bocah lelaki berlari melintasi jalan. Untungnya, istri saya duduk di sebelah saya di mobil, dia berteriak agar saya berhenti, dan saya melakukannya, hanya beberapa senti jauhnya dari bocah lelaki kecil ini.

Siapa yang tahu? Anda tidak akan pernah mengharapkan hal seperti ini terjadi tetapi itu terjadi!

Insiden itu mengubah perspektif saya tentang bagaimana penglihatan saya mempengaruhi saya dan saya memutuskan untuk mencari bantuan.

Saya telah mendengar banyak cerita tentang operasi katarak selama bertahun-tahun tetapi saya tidak pernah tahu ada begitu banyak pilihan sampai saya bertemu Dr. Vanessa dan mendiskusikan berbagai lensa yang dapat saya pasang. Setelah berkonsultasi dengannya, saya memutuskan untuk melanjutkan operasi pada minggu berikutnya.

Sehari setelah operasi katarak saya

Lensa multifokal baru saya dimasukkan ke mata kanan saya terlebih dahulu oleh Dr. Vanessa. Untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun, saya bisa melihat rambu-rambu jalan, wajah keponakan saya terlihat jelas tanpa kacamata! Awalnya agak aneh; Saya terus-menerus menutup satu mata dan menguji perbedaan dalam penglihatan saya.

Itu 4 minggu kemudian, sebelum mata kiri saya menjadi sama jelasnya. Dunia di depan saya menjadi sangat terang dan jernih.

Pendapat Pribadi

Ada satu kelemahan pasca operasi. Bagi saya kacamata telah menjadi bagian dari kepribadian saya, identitas saya. Tanpa mereka, saya hampir tidak mengenali diri saya yang dulu di cermin. Saya merasa telanjang. Mungkin tampak aneh bahwa saya lebih memilih kacamata daripada kebebasan tanpanya , tetapi akhirnya setelah beberapa minggu saya menyesuaikan dengan diri saya yang baru ini.

Operasi katarak tentu membuka dunia baru yang jelas dan cerah. Saya akan mendorong siapa pun seusia saya yang merenungkan operasi katarak untuk sangat mempertimbangkannya. Dari pengalaman saya, itu relatif cepat dan mudah dengan risiko terbatas. Risiko tidak melakukan operasi katarak saya terbukti jauh lebih merusak keselamatan saya dan keselamatan orang lain di sekitar saya.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang operasi katarak: Baca artikel terperinci kami di sini.

Newsletter Sign Up