Bisakah obat yang Anda minum menyebabkan katarak_

Obat dan Katarak

Bisakah obat yang Anda minum menyebabkan katarak?

Ini adalah pertanyaan umum. Para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa obat memiliki kemampuan untuk menginduksi opasitas lensa dan katarak. Obat lain ditemukan dapat mempercepat perkembangan opasitas lensa yang sudah ada. 

Mungkin hubungan yang paling dikenal luas antara penggunaan obat dan penyakit mata adalah bahwa antara penggunaan steroid dan katarak.

Sebuah studi oleh The Blue Mountains Eye Study menemukan bahwa penggunaan jangka panjang dari corticosteroids diketahui menyebabkan katarak. Katarak subcapsular posterior dapat terbentuk di permukaan belakang lensa mata dari penggunaan steroid jangka panjang. 

Corticosteroids

Umumnya dikenal sebagai teroids – jenis yang sah, seperti Prednisolone dan Cortisone – adalah obat anti-inflamasi yang kuat yang membantu orang-orang yang menderita penyakit serius seperti asma, emfisema, radang sendi, kolitis ulseratif, eksim, lupus dan sclerosis ganda.

Steroid juga banyak digunakan dalam oftalmologi untuk menekan peradangan, mengurangi gejala dan meminimalkan jaringan parut. Dokter lain mungkin meresepkan mereka untuk alasan lain, misalnya untuk mengurangi gatal parah yang disebabkan oleh demam dan alergi.

Berikut beberapa contoh steroid yang umum digunakan:

·            Glukokortikoid

·            Kortikosteroid

·            Prednisolone

·            Hidrokortison

·            Cortisone

Namun, karena potensi katarak dan glaukoma, pasien harus berada di bawah perawatan dan pengawasan dokter mata dalam situasi ini.

Baik dikonsumsi secara oral, secara topikal (untuk mata) atau melalui inhaler, ini adalah obat-obatan ampuh yang dapat mengurangi peradangan, mengendalikan penyakit, dan terkadang bahkan mencegah kematian. Tetapi digunakan terlalu sering dan / atau untuk waktu yang lama, mereka dapat menyebabkan efek samping di berbagai organ, termasuk mata. 

Dengan demikian bisa dikatakan, lebih banyak kerugian berasal dari menahan steroid daripada menggunakan mereka!


Pesan yang bisa diambil

Kesimpulannya, obat dengan steroid dapat menyebabkan katarak atau berkontribusi dalam pembentukannya.

Sementara kita tidak bisa menghindarinya sepenuhnya, inilah beberapa panduan bagi mereka yang sering meminum obat steroid.

1) Pemeriksaan rutin

Jika Anda menggunakan salah satu obat yang disebutkan sebelumnya di atas, Anda harus menjadwalkan kunjungan tahunan ke dokter mata Anda untuk memastikan tindak lanjut rutin dari mata Anda, serta deteksi dini dan pengobatan komplikasi yang mungkin timbul. 

2) Ikuti pola makan anti-inflamasi

Untuk memerangi peradangan, makan makanan lebih kaya nutrisi , buah-buahan segar dan sayuran (blueberry ed dalam warna dan cranberry, hijau gelap berdaun chard dan sawi, misalnya). Ikan air dingin seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang melawan peradangan.

Kurangi gula dan karbohidrat sederhana dari makanan olahan (kue, roti putih, keripik) dan makanan cepat saji, yang menyebabkan fluktuasi ekstrim dalam kadar glukosa darah … dan makanan yang digoreng (terutama yang mengandung lemak trans seperti kentang goreng), yang mendorong peradangan.

3) Lensa mata

Memakai lensa mata dapat memainkan peran dalam meminimalkan efek visual dari obat-obatan tertentu dan mengurangi ancaman jangka panjang penyakit okular terkait obat (seperti kerusakan UV).

Juga penting untuk memastikan lensa memblokir 100%  UV yang berbahaya. Kebanyakan lensa photochromic secara khusus dapat memberikan penyumbatan 100% dari radiasi ultraviolet A dan B, dan mentitrasi cahaya sesuai permintaan, meningkatkan penglihatan yang baik dan visi yang sehat.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang penggunaan steroid dan kesehatan mata Anda, silakan jadwalkan janji untuk berbicara dengan Dr Vanessa di sini . Pada kunjungan ini, Dr Vanessa akan dapat memberi tahu Anda apa yang terbaik berdasarkan kondisi unik dan kebutuhan khusus Anda.

Sementara itu, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang katarak dan operasi katarak, Anda dapat membaca tentang hal tersebut di sini .

Newsletter Sign Up