Visual impairment - driving safety for older adults

PENURUNAN VISUAL

KESELAMATAN MENGEMUDI UNTUK ORANG TUA

Mengemudi adalah tugas sehari-hari yang sangat kompleks. Ada visual, kognitif (pemikiran, penilaian, penalaran, mengingat) dan tuntutan fisik mengemudi yang diperlukan dimana pengemudi tua perlu menghadapi lingkungan yang cepat berubah di luar mobil.  

Mata Tua Anda

Anda mungkin hampir tidak melihat perubahan pada awalnya. Mungkin Anda sadar diri Anda lebih sering membutuhkan kacamata Anda untuk melihat dari dekat. Anda mungkin mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lampu yang mencolok atau membaca saat lampu redup. Anda bahkan mungkin memakai kaus kaki ungu yang Anda anggap hitam.

Seiring bertambahnya usia, mata dan penglihatan secara alami mulai mengalami penurunan. Pupil di mata, yang memungkinkan cahaya masuk, mulai menyusut dan kurang melebar, sehingga kurangnya cahaya masuk ke retina. Hal ini menyebabkan berkurangnya penglihatan malam hari. Selain itu, beberapa penglihatan periferal kita berkurang seiring dengan kemampuan kita untuk melihat benda bergerak.  

Karena memburuknya kornea dan redupnya lensa mata, silau menjadi lebih mengganggu dan sensitivitas kontras berkurang, sehingga sulit untuk melihat gambar dengan jelas. Selain itu, reaksi kita berangsur-angsur menjadi lambat, menambahkan komplikasi motorik ke visual.

Mata kering   juga menjadi masalah yang lebih besar seiring bertambahnya usia karena kelenjar lakrimal tidak menghasilkan banyak air mata untuk menjaga kelembaban mata.  

Jika Anda menambahkan masalah penglihatan lainnya seperti  katarak , glaukoma atau degenerasi makula, dimana semuanya merupakan penyakit yang berhubungan dengan usia yang secara bertahap mengurangi penglihatan, Anda memiliki bahaya serius di tangan Anda.  

Berikut adalah beberapa cara kemampuan mengemudi Anda dapat terganggu seiring bertambahnya usia dan beberapa tip keselamatan untuk membantu Anda tetap aman di jalan.  

Saran Untuk Sensitivitas Silau dan Mengemudi

  • Sensitivitas silauadalah masalah lain bagi banyak pengemudi tua, pada siang dan malam hari. Dengan   menjaga kaca depan mobil Anda, jendela mobil lain, dan kacamata Anda bersih, Anda dapat mencegah silau . Kotoran, goresan, dan kotoran seringkali akan membiaskan cahaya pada sudut yang ganjil dan akan membuat lebih banyak cahaya yang menyilaukan .
  • Ketika  Cahaya dari mobil yang melaju bersinar langsung di mata Anda, Anda harus melihat sedikit ke bawah dan ke kanan jalan. Anda akan bisa melihat jalan menggunakan penglihatan tepi Anda , yang kurang sensitif terhadap silau.
  • Kacamata hitam juga bisa membantu mengurangi silau, terutama yang berwarna kuning atau kuning kemerahan , yang cenderung meningkatkan kontras tanpa mempergelap lingkungan. Lensa berwarna kuning bisa membantu saat mendung, hujan atau malam hari. Hanya lensa berwarna kuning yang harus digunakan untuk mengemudi di malam hari.

Saran Lain untuk Keselamatan Jalan dan Mengemudi

Agar tetap aman di jalan, orang dewasa yang lebih tua dapat menerapkan saran berikut ini:

  • Kenali lingkungan dan situasi yang membuat Anda tidak nyaman.Beberapa jenis cuaca atau jalan yang sibuk mungkin membuat Anda tertekan.   Hindari situasi ini.
  • Tetap di jalur lambat sebanyak mungkin.  Gunakan rute yang sudah dikenal  dan tetap dekat dengan rumah.
  • Berkendara di siang hari jika Anda terganggu oleh silau waktu malam.  Hindari jam senja , yang menciptakan situasi berkendara dengan kontras rendah.
  • Hindari waktu lalu lintas yang padat, seperti jam sibuk atau sekitar jam pulang sekolah.  
  • Identifikasi dan hilangkan gangguan. Matikan radio. Jangan gunakan ponsel Anda. Jangan makan, minum, atau merokok di mobil. Batasi jumlah penumpang di mobil Anda.
  • Rencanakan rute Anda sebelumnya. Pikirkan lalu lintas di jalan yang akan Anda kendarai. Pertimbangkan di mana dan ke arah mana Anda akan berbelok.  
  • Berpartisipasi dalam program latihan rutin  untuk menjaga atau meningkatkan mobilitas leher dan tubuh Anda, koordinasi Anda, dan daya tahan Anda.
  • Jelajahi alternatif lokal berkendara . Layanan taksi, UBER atau GRAB adalah alternatif yang bagus. Ini mungkin berguna jika Anda perlu menghadiri pertemuan yang dijadwalkan pada jam sibuk atau dalam cuaca buruk.

Ingat,  Pertahankan Kesehatan Mata yang Baik

Pastikan bahwa Anda memerhatikan mata Anda secara teratur dan bahwa setiap kondisi mata yang Anda alami terawat dan dipantau. Nutrisi yang baik, olahraga dan kebiasaan sehat secara keseluruhan akan membantu melindungi dan menyembuhkan mata Anda juga. Selanjutnya, dengarkan naluri Anda, jika Anda merasa tidak aman mengemudi atau jika dokter (atau anggota keluarga Anda) memberi tahu Anda saatnya untuk menyerahkan kunci, pikirkan untuk menggunakan sarana transportasi lain untuk berkeliling.  

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk melakukannya hubungi Dr Vanessa , dokter mata dan spesialis mata plastik di Island Hospital Penang.

 

Newsletter Sign Up